fbpx

5 Food Truck di Jakarta yang Wajib Dicoba

Food truck belakangan ini sudah menjadi tren dimasyarakat khusunya anak muda yang baru memulai melakukan bisnis makanan dengan konsep yang berbeda dari biasanya. Sebenarnya konsep bisnis makanan ini sama saja dengan tempat makan lainnya dalam cara penyajian dan menu makanan yang ditawarkan, hanya saja tempatnya yang menggunakan sebuah kendaraan besar yang diubah menjadi tempat menjual makanan dan minuman.

Biasanya makanan atau minuman yang diperjual belikan di food truck adalah makanan dan minuman yang secara penyajian tidak terlalu sulit dan membutuhkan banyak alat dalam proses membuatnya. Model jajanan ini sebenarnya banyak ditemukan di benua Amerika dan benua Eropa.

Di beberapa negara, makanan yang disajikan di sebuah kedai mobil atau food truck mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hal tersebut lantaran makanan yang disajikan biasanya harganya agak lebih murah, tapi nggak kalah rasa dari pada versi restorannya.

Amerika Serikat sebagai negara pencetus konsep ini, memiliki sekitar tiga juta food truck yang beroperasi. Hidangan yang disajikan mulai dari hot dog, camilan, hidangan Tiongkok, hingga Meksiko. Tren ini rupanya menyebar hingga ke benua Asia.

Food truck modern diketahui mulai populer pada abad ke-19 yakni pada masa setelah terjadinya perang saudara di Texas. Setelah terjadi musibah itu, para penduduk mulai berpergian ke arah barat. Orang-orang tersebut pun harus membawa perbekalan termasuk juga makanan. Pada saat itu, masih belum banyak jalan kereta yang dibuat, maka dari itu segala bahan makanan diangkut oleh mobil hingga menuju tempat yang dituju.

Lebih awal lagi, sejarah food truck dimulai pada tahun 1866. Saat itu, seorang angkatan bersenjata Amerika Serikat bernama Charles Goodnight, menyiapkan sebuah tunggangan yang besar. Maksudnya agar bisa menaruh semua alat masak dan juga bahan makanan. Tujuannya agar ketika para tentara merasa lapar, Charles dengan segera bisa memasakkan sesuatu.

Food truck juga dikembangkan di New England dengan nama lunch wagon. Dalam studi berjudul ‘American Diner: Then and Now’ karya J.S Gutman, pada tahun 1872 seorang bernama Walter Scott mengubah kereta kuda menjadi restoran berjalan di depan kantor media cetak di Providence, Rhode Island. Ia menjual sandwich, pie, dan kopi untuk para jurnalis yang bekerja lembur.

Tapi, pada tahun 1900an kepopuleran lunch wagon mulai surut dan usaha mereka pun berubah menjadi diner. Sekitar 20 tahun kemudian kembali populer hingga saat ini. The Kogi Korean BBQ yang menjual hidangan fusion Korea dan Meksiko dipandang sebagai pencetus gerakan gourmet food truck. Didirikan tahun 2008, mereka mengumumkan lokasi penjualan lewat sosial media.

Jika di Asia, model jajanan ini dikenal dengan berbagai variasi. Mulai dari truk yang menjual sayuran dan bahan makanan segar hingga hidangan tradisional. Di Indonesia, gerakan ini mulai menyebar sekitar akhir tahun 2013, dimulai oleh Taco Truck yang menjual hidangan Meksiko seperti nachos, burrito, dan taco. Tidak hanya makanan yang dijual di food truck yang berada di Jakarta, para penjual minuman seperti kopi pun ikut meramaikan bisnis kuliner yang menggunakan kendaraan besar sebagai tempatnya.

Di Indonesia konsep bisnis truk makanan menjadi fenomena yang mendobrak dunia kuliner. Kehadiran bus, truk atau mobil yang dimodifikasi apik tentu menarik perhatian masyarakat. Di Indonesia ada sejumlah pebisnis yang menjalankan aksi jemput bola para pelanggannya, dengan ide masak di tempat tersebut. Ada beberapa pemilik food truck yang bergabung dengan Asosiasi Food Truck Indonesia (AFTI) atau Organisasi Mobil Bisnis Indonesia (OMBI).

Di tempat hangout terutama kota besar seperti Jakarta, pasti kalian pernah melihat food truck sedang menyajikan menu makanan atau minuman yang enak dan harganya tidak terlalu mahal. Jika kalian melihat food truck, tidak ada salahnya jika kalian berhenti untuk mencoba makanan dan minuman yang ada dimenunya.  

Jakarta Food Truck
Sumber: Money.id

Biasanya bisa kalian temui  di Wisma Bakrie pada hari senin sampai hari sabtu, dan hari minggu biasanya berada disekitaran Jl Benda Raya No 46 Jakarta Selatan, truk yang memiliki warna merah dan putih pada bagian samping kanan ini memiliki menu andalan yaitu sloopy joe. Sloopy joe adalah burger yang isinya sayuran, daging giling pedas, dan keju. Sajian burger ini juga ditambah dengan French fries sebagai pelengkap, selain sloopy joe kalian juga bisa memesan smokey ribs atau iga bakar di food truck ini.

Tabanco Coffee

Tabanco Coffee
Sumber: Food Truck Fest

Untuk kalian yang ingin mencoba menikmati minum kopi khas Indonesia didalam sebuah mobil Volkswagen, kalian wajib mengunjungi food truck satu ini. Tabanco Coffee ini menyajikan berbagai jenis kopi dari mulai kopi khas Indonesia hingga kopi seperti cappucinno, dan Americano. Harga kopi disini pun terbilang terjangkau mulai dari 15.000 sampai 43.000 kalian bisa menikmati kopi dengan suasana yang berbeda.

Loco Mama Food Truck

Loco Mama
instagram.com/locomamaburrito

Dari namanya saja restoran bergerak ini sudah bisa mendefinisikan makanan yang mereka jual, Loco Mama menjual makan khas Amerika Latin dari Meksiko seperti nacho, quesadilla, dan sebagainya. Menu andalan disini adalah nacho yang isinya daging ayam atau kambing, kalian juga bisa memilih sendiri topingnya sesuai keinginan kalian. Restoran bergerak ini bisa kalian jumpai didaerah Jl Kemang Raya setiap hari senin-sabtu.

Kai Pacifia

Kai Pacifia
Sumber: aglxyco

Kalian pasti pernah melihat jajanan yang berjualan dipinggi pantai dalam adegan film dong, jika kalian ingin mencoba berada dalam adegan film tersebut, kalian bisa mencoba makan di food truck Kai Pacifia. Kai Pacifia menawarkan menu makanan Mexician Cuisine (menggunakan bahan dasar tortilla), makanan Asia, Korea dan makanan Jepang. Menu andalan yang harus dicoba ketika di Kia Pacifia yaitu Melted Katsu. Makanan ini merupakan sajian Burritto yang didalamnya berisi chicken katsu, nasi, saus homemade ponzu, dan mozzarella kemudian dibungkus tortilla.

Street Ramyun Food Truck

Street Ramyun
Sumber: https://id.openrice.com

Untuk kalian yang suka banget dengan makanan asal negri gingseng wajib mencoba street food yang menyajikan makan khas Korea yang berada didaerah Tebet Jakarta Selatan ini. Street Ramyun menyediakan makanan asal Korea seperti, Kimchi, tteokbokki, bibimbap, dan lainnya. Street ramyun juga menyediakan fasilitas yang memanjakan pembeli seperti tempat duduk, layar LCD, dan wifi. Layar LCD menampilkan video musik korea yang menarik.

Demikian adalah sejarah singkat dari food truck yang menjadi bisnis kuliner yang cukup menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir. Jika kalian ingin mencoba makanan atau minuman ini, kalian tidak perlu khawatir soal harganya, karena hampir semua makanan dan minuman yang disajikan dengan harga yang murah.

Untuk inspirasi jajanan, jangan lupa kunjungi Jajanan Jakarta setiap hari!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn