fbpx

Ayam Geprek Bensu vs I am Geprek Bensu: Serupa tapi Tak Sama

Akhir-akhir ini sedang banyak berita mengenai ini. Permasalahan trademark dan copyright diantara Ayam Geprek Bensu dan I am Geprek Bensu menjadi perbincangan. Pasalnya, Ayam Geprek Bensu melaporkan untuk trademark nama “Bensu” nya. Hal ini mencuat di media sejak adanya putusan kasasi pada 20 Mei 2020. Putusan Mahkamah Agung menolak pengajuan kasasi Ruben Onsu atas putusan pada Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Lalu sebenarnya apa sih background dibaliknya?

Background Ayam Geprek Bensu dan I Am Geprek Bensu

Ayam Geprek Bensu merupakan sebuah bisnis waralaba ayam geprek yang dimiliki oleh Ruben Onsu. Ruben Onsu mendaftarkan bisnisnya dengan nama PT. Onsu Pangan Perkasa (OPP). Saat ini Geprek Bensu sudah memiliki 110 cabang dengan memperkerjakan 3,500 karyawan pada Desember 2018. Bisnis Geprek Bensu tidak hanya milik Ruben Onsu namun juga dimiliki oleh adik kandungnya, Jordy Onsu.

I am Geprek Bensu merupakan sebuat tempat makan yang memiliki menu unggulan ayam geprek. I am Geprek Bensu dimiliki oleh seorang pengusaha bernama Benny Sujono. Sekarang I am Geprek Bensu diteruskan oleh anaknya yang bernama Yangcent. Yangcent menyebutkan bahwa I am Geprek Bensu didirikan pada 17 April 2017. Yancent mendaftarkan bisnisnya dengan nama PT. Ayam Geprek Benny Sujono

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa masalah mencuat ketika Ruben Onsu melaporkan trademark nama “Bensu” nya. Berdasarkan berita dari Wikipedia, nama “Bensu” sudah beberapa kali terkena kontroversi. Yang pertama adalah kasus dari Bandung. Bensu yang merupakan singkatan dari “Bengkel Susu” yang dimiliki oleh Jessy Handalim. Tetapi, gugatan ini ditolak oleh hakim dikarenakan pengajuan permohonannya atas dasar itikad tidak baik.

I Am Geprek Bensu yang merupakan singkatan dari Benny Sujono juga melaporkan hal yang serupa. Namun lagi gugatannya ditolak oleh hakim. Alasan penolakannya pun sama, dikarenakan dengan itikad yang tidak baik. Bahkan santer terdengar bahwa Ruben Onsu sampai menempatkan salah satu karyawannya di dapur I Am Geprek Bensu dengan tujuan mendapatkan resep ayam geprek yang akan dicontek untuk bisnisnya sendiri.

Review Ayam Geprek Bensu dan I Am Geprek Bensu

Review Ayam

Lalu, apasih yang membedakan Ayam Geprek Bensu dan Geprek Bensu? Mari kita simak.

Geprek Bensu memiliki porsi ayam yang lebih sedikit. Potongan ayam yang diberikan lebih kecil ketimbang I Am Geprek Bensu. Tepung di ayamnya banyak yang bolong dan tidak merata. Warna dari tepungnya coklat tua dan terlihat sedikit gosong. Saat coba dimakan, ayamnya tidak se crispy itu. Justru teksturnya malah lembek dan tidak crunchy.

Mari kita bahas dari ayamnya dulu. Untuk ayam, porsi dari I Am Geprek Bensu lebih besar. Potongannya tidak sama sekali pelit dan akan kenyang setelah memakannya. Warna tepung golden dan menyala. Terlihat pula tekstur tepungnya banyak dan memadati keseluruhan ayamnya. Sebelum dimakan saja, ayamnya terlihat sangat crispy sekali dan menggoda. Ketika dimakan, ayamnya super lezat. Tepungnya memiliki bumbu sendiri. Bahkan saya bisa memakan ayamnya saja karena sangat berbumbu. Rasanya tidak hambar sama sekali dan terasa sangat jelas tepungnya kaya akan bumbu. Hampir menyerupai ayam crispy merek dari negri Paman Sam

Review Sambal

Lanjut kita bahas ke sambalnya. Sambal dari Geprek Bensu terlihat berbeda jika dibandingkan dengan I Am Geprek Bensu. Sambal Geprek Bensu dari kejauhan sudah terlihat lebih fresh. Warna dari sambalnya menyala sekali. Sambalnya berwarna orange, merah, dan hijau. Ketika di icip, sambal nya memang terasa sangat fresh. Jenis sambal yang diberikan adalah sambal matah. Maka terlihat pula ada bawang merah, bawang putih, dan daun jeruknya. 

Selanjutnya, I Am Geprek Bensu memiliki sambal yang berbeda dengan Ayam Geprek Bensu. I Am Geprek Bensu memiliki warna sambal yang layu. Tidak terlalu terlihat menarik seperti Geprek Bensu. Warnanya tidak menyala dan tidak terlihat fresh. Jenis sambal yang diberikan seperti sambal korek. Bahkan kita bisa melihat sambal nya dalam keadaan utuh. Rasa dari sambalnya tidak sepedas Geprek Bensu. Dan menurut saya rasa pedasnya tidak terasa panas sama sekali

Harga

Untuk harga sendiri Geprek Bensu memiliki harga yang tidak terlalu signifikan berbeda dengan I Am Geprek Bensu. Kalian bisa cek perbandingan harganya disini

Harga Geprek Bensu
Harga Geprek Bensu
Harga I Am Geprek Bensu

Jadi, jika kalian ingin menikmati ayamnya saya sarankan untuk mencoba I Am Geprek Bensu. Karena ayamnya yang memiliki rasa yang sangat kaya. Sedangkan jika kamu ingin menikmati sambalnya, beli lah Geprek Bensu.

Itulah review dari ayam geprek yang sedang kontroversial ini. Menarik bukan Jajaners?

Ayo segera icip keduanya dan diskusikan di forum Jajanan Jakarta mana yang lebih worth to buy.

Untuk melihat jajanan lainnya kalian bisa langsung visit disini!

Sampai jumpa lagi, Jajaners!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn