fbpx

Sate Domba Garut yang Empuk dan Juicy dari Selasih

Sate Domba Selasih
Sate Selasih

Indonesia memiliki bermacam ragam jenis sate. Berdasarkan gotravelly, ada beberapa jenis sate di Indonesia seperti sate ayam, sate kambing, sate sapi, sate domba, sate madura, sate padang, sate lilit, dan masih banyak lagi. Dari cara memasaknya, mayoritas sate di Indonesia dimasak dengan cara dibakar dan diberikan bumbu.

Awalnya, secara historis yang dijelaskan oleh tirto.id, sate konon baru muncul dan diminati oleh masyarakat Indonesia mulai pada abad ke-19. Saat itu pedagang jajanan kaki lima di pulau Jawa banyak menjual sate dan menjadi pelopor utama sate di Indonesia. Saat itu daging kambing dan domba dijadikan bahan baku, ini merupakan salah satu bentuk pengaruh perdagangan Arab di Indonesia. 

Di Jakarta sendiri, tersedia bermacam ragam jenis sate. Tapi, kita jarang sekali menemukan sate domba. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak bisa memakan daging domba karena dagingnya yang alot. Selain itu, daging domba sangat jarang dijadikan sebagai bahan utama makanan. Namun hal ini tidak berlaku untuk Sate Domba Selasih. Yuk kita bahas sate domba yang satu ini!

Jenis Sate

Sate Domba Celup Polos

Sate Domba Celup Polos

Yang pertama, Sate Domba Celup Polos adalah salah satu menu di Selasih. Warna satenya mendominasi coklat. Yang uniknya ketika dimakan, satenya empuk dan tidak terasa alot sama sekali seperti daging domba pada umumnya. Sate disajikan dengan berat 200gr untuk satu porsinya. Terdiri dari 3 potongan yang cukup besar di setiap tusuknya dan potongannya tidak kecil seperti sate biasanya. Sate ini disajikan di atas hotplate dan ketika dimakan kita tidak akan merasakan makanannya akan mendingin. Selain itu fungsi hotplate ini untuk memasak daging yang sekiranya bagi kita kurang matang. Oh iya, saat memakan sate kita akan disuguhkan satu piring kecil berisi potongan cabe, bawang merah, tomat, dan satu jeruk nipis. Ini merupakan bumbu pelengkap untuk memakan sate. Jadi, kita harus mencampur semuanya dengan menambahkan kecap. 

Sate Domba Celup Lemak

Selanjutnya, Sate Domba Celup Lemak merupakan menu favorit yang biasa dipesan bapak-bapak dan ibu-ibu. Ntah mengapa, tapi domba celup lemak sangat terkenal di kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu. Sate ini sebelum dibakar direndam sekitar satu hari di dalam lemak domba tersebut. Ketika disajikan di atas hotplate, dagingnya akan mengeluarkan lemak-lemak dan sangat juicy sekali. Sate ini memiliki warna coklat ke kuning-kuningan jika dibandingkan dengan menu sate domba lainnya yang ada di selasih. Jangan lupa ketika memakan sate untuk meminta satu piring kecil berisi potongan cabe, bawang merah, tomat, dan satu jeruk nipis. Ini merupakan bumbu pelengkap untuk memakan sate. Jadi, kita harus mencampur semuanya dengan menambahkan kecap. 

Sate Domba Sineret

Ketiga, Sate Domba Sineret adalah menu unggulan di Selasih. Warna sate nya semi coklat dan krem karena tekstur daging domba yang alot. Ketika dimakan daging domba nya sangat empuk sekali. Ternyata Domba Sineret ini sudah direndam dalam bumbu rahasia khas Selasih. Dan ini membuat daging domba ini tidak berbau sama sekali dan memiliki cita rasa yang cukup unik. Untuk ukuran dagingnya tidak sekecil sate biasanya karena potongannya besar-besar. Berat satu porsi kira-kira 200gr. Sate ini disajikan di atas hotplate dan ketika dimakan kita tidak akan merasakan makanannya akan mendingin. Selain itu fungsi hotplate ini untuk memasak daging yang sekiranya bagi kita kurang matang. Saat memakan sate, kita akan disuguhkan satu piring kecil berisi potongan cabe, bawang merah, tomat, dan satu jeruk nipis. Ini merupakan bumbu pelengkap untuk memakan sate. Jadi, kita harus mencampur semuanya dengan menambahkan kecap. 

Sate Ayam

Sate Ayam Selasih
Sate Ayam Selasih

Percaya atau tidak, walaupun menu unggulannya adalah sate domba, tapi saya justru selalu memesan sate ayam disini. Sate ayam nya sangat berbeda dengan sate pada umumnya. Dibakar tanpa menggunakan bumbu sama sekali karena dagingnya sudah direndam didalam bumbu rahasia khas Selasih. Sate disajikan di atas hotplate dan daging nya berwarna putih sedikit merah. Daging ayam dibakar dan disajikan dalam keadaan ¾ makan. Biasanya saya memasak lagi di atas hotplate nya hingga seluruh bagian matang dan sedikit gosong berwarna coklat tua. Jangan lupa ketika memakan sate untuk meminta satu piring kecil berisi potongan cabe, bawang merah, tomat, dan satu jeruk nipis. Ini merupakan bumbu pelengkap untuk memakan sate. Jadi, kita harus mencampur semuanya dengan menambahkan kecap.

Sate Kulit Ayam

Dan terakhir, untuk sate kulit ayam, sungguh saya sangat mengakui bahwa porsinya sangat lah besar untuk ukuran kulit ayam. Kulit ayam nya sangat tebal dan banyak. Warnanya ketika disajikan di atas hotplate berwarna kekuningan. Biasanya saya menambahkan jeruk nipis di atasnya agar lebih nikmat lagi. Ketika menikmati sate kulit ini, coba lah untuk membakarnya lagi di atas hotplate dan sedikit gosong. Anda akan merasakan sensasi kering diluar dan lembut ketika dikunyah. Jangan lupa untuk meminta sambal ya. Nanti kita akan diberikan piring kecil berisi potongan cabe, bawang merah, tomat, dan satu jeruk nipis. Ini merupakan bumbu pelengkap untuk memakan sate. Jadi, kita harus mencampur semuanya dengan menambahkan kecap. 

Atmosfir

Selasih sangat ramai dikunjungi ketika siang hari. Hal ini disebabkan karena Selasih baru membuka tokonya pukul 11:00 siang dan biasanya kita harus menunggu sekitar 30 menit hingga makanan bisa disajikan. Namun, bila terburu-buru jangan datang di atas jam 12:00 karena kondisi akan sangat penuh. Tak jarang saya selalu mengantri 30 menit hingga sejam hingga mendapatkan tempat duduk. Suasana yang sangat padat ditambah asap dari pembakaran sate membuat Selasih memiliki hawa yang panas. Walaupun sudah disediakan pendingin ruangan, tetapi ini tidak berpengaruh karena terlalu banyak orang dan asap pembakaran yang panas. Disarankan untuk membawa kipas angin portable sendiri agar tidak kegerahan. Untuk mendapatkan bayangan seperti apa suasana di Selasih, maka bisa langsung tonton video dari NET TV yang sudah pernah datang dan review Sate Domba Garut Selasih.

Harga

Untuk harga, memang harganya lumayan pricey untuk ukuran sate. Namun menurut saya, ini sangat worth it karena harganya sebanding dengan rasanya. Berikut detail harga yang saya ambil dari tripadvisor.

Price List Sate Selasih

Lokasi

Sate Selasih ini berlokasi di daerah Jakarta Selatan. Alamat tepatnya ada pada Jalan Wolter Monginsidi No.59, RT.1/RW.1, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180. Dan berikut detail lokasi yang bisa diakses melalui Google Maps.

Jadi, itu lah review mengenai Sate Domba Garut Selasih dari Jajanan Jakarta. Jangan lupa untuk mencari makanan lainnya di website kami Jajanan Jakarta. Atau jika ingin mencari makanan di daerah Jakarta Selatan, bisa dilihat disini. Selamat menikmati dan sampai jumpa, Jajaners!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn