fbpx

Gultik Blok M: Solusi Kawula Muda Jakarta Selatan yang Lapar Sepulang Dugem

Jakarta memiliki banyak tempat dengan nuansa dunia gemerlap. Bagi kawula muda, pasti sangat suka untuk menghabiskan waktu di Jakarta. Tempat-tempat yang mendukung seperti bar, club, dan sejenisnya banyak tersebar. Hal ini terutama banyak ditemukan di daerah Jakarta Selatan. Maka dari itu lah banyak bermunculan istilah seperti “Anak Gaul Jaksel”. Biasanya sepulang dugem kita pasti lapar. Mau makan di lokasi tapi mahal ya? Ada lho salah satu tempat makan yang biasanya dikunjungi sepulang dugem. Tempat makan itu bernama Gultik Blok M.

Serba Serbi Gulai Tikungan Blok M

Suasana Gulai Tikungan Blok M
Suasana Gulai Tikungan Blok M

Di daerah sekitar Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan terdapat sebuah tempat kuliner yang namanya sudah tersohor dari dulu. Tempat tersebut dinamakan Gultik Blok M. Gultik sendiri merupakan singkatan dari “gulai tikungan”. Banyak orang menafsirkan gultik sebagai gulai itik. Ini berbeda, karena gultik itu “gulai tikungan” dan daging yang digunakan adalah daging sapi.

Dilansir dari Wikipedia, gulai itik merupakan gulai yang terbuat dari hewan itik. Bumbu yang digunakan biasanya berbahan dasar cabe hijau, laos, kunyit, jahe, dan daun salam. Ini berbeda sekali dengan Gultik Blok M. Gultik Blok M terbuat dari daging sapi. Warna kuahnya pun berbeda, Gultik Blok M memiliki warna kuah kuning. 

Area menjual gultik tersedia 15-20 penjual gulai. Lokasi tepat gultik ini adalah di kawasan belakang Blok M Plaza. Maka dari itu, makanan ini disebut sebagai Gulai Itik Blok M. Beberapa dari para penjual gulai sudah berjualan sejak puluhan tahun yang lalu. Jika dibandingkan, rata-rata rasa yang dijual seluruh pedagang Gultik Blok M ini hampir sama.

Walaupun ini merupakan makanan kaki lima, namun tempat makan ini sering dikunjungi dan ramai. Hal ini bermula pada sekitar tahun 1980-an dan membuat gultik menjadi terkenal sekarang. Mulai pengendara motor, mobil, ojek online, taksi online, bahkan pejalan kaki banyak yang berdatangan. 

Gultik Blok M banyak dikunjungi karena beberapa faktor. Yang pertama merupakan rasa dari gulai nya sendiri. Selanjutnya adalah harga yang tidak wajar. Kenapa tidak wajar? Karena gultik memiliki harga yang sangat murah. Harga Gultik Blok M 2020 dibanderol sekitar Rp10,000. Alasan terakhir adalah, gultik buka hingga larut malam. Makanya, inilah faktor banyak kawula muda sepulang dugem banyak berdatangan kesini.

Review Gulai Tikungan Blok M

Gulai Tikungan Blok M
Gulai Tikungan Blok M

Untuk gultik sendiri memiliki tampilan yang unik. Kuahnya cenderung kurang berwarna dan agak pucat. Kuah dari gultik berwarna kuning pucat. Daging yang diberi sangatlah sedikit. Pada piring ditaburkan juga kerupuk sebagai pelengkap. Menurut saya porsinya sangat sedikit. Tak jarang Tim Jajanan Jakarta bisa memesan hingga 2 porsi. Bahkan untuk pria, mungkin bisa memesan 4 hingga 5 porsi.

Gulainya terbuat dari santan namun tidak terlalu kental. Cenderung kuahnya agak cair. Namun rasa yang dikeluarkan gurih dan lengkap disantap dengan nasi dan kerupuk. Lebih baik lagi Jajaners menambahkan bawang goreng, kecap, sambal, atau jeruk nipis. Ini membuat rasa dari gulai semakin kaya. Rasanya memang sangat sederhana, namun tetap menggugah selera. Gurihnya gulai dengan tambahan bawang goreng, kecap, sambal, atau jeruk nipis menjadi semakin berselera.

Fun Fact

Jika Jajaners datang pada Jumat malam atau Sabtu malam, ini merupakan waktu yang pas. Jajaners akan banyak bertemu orang dan tak jarang mereka merupakan anak gaul Jakarta Selatan. Kesempatan bukan? Bisa cuci mata dan mendapat teman baru disana.

Fun fact selanjutnya adalah, siapkan uang cash yang cukup. Selain untuk membayar gultik, Jajaners harus membayar biaya parkir. Ketika Tim Jajanan Jakarta datang kesana, kami harus membayar biaya parkir Rp15,000. Lucu bukan? Biaya parkirnya lebih mahal dari seporsi gultik nya sendiri.

Menarik ya Gulai Tikungan Blok M ini. Bagi Jajaners yang kebingungan untuk mencari tempat makan murah sehabis pulang dugem, bisa banget kesini. Perut kenyang, pulang bisa langsung tidur deh!

Kalo Jajaners gak mau makan gultik, Jajaners bisa mengunjungi tempat makan yang buka pada malam hari disini. Sampai jumpa di review selanjutnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn