fbpx

Sehat Makanan Kukus atau Rebus?

Kalau kamu bertanya lebih sehat kukus atau rebus, disini kami akan menjelaskan terlebih dahulu, merebus adalah proses perebusan melibatkan kontak antara udara dan sayuran, sehingga beberapa ahli mengatakan ada senyawa-senyawa aktif dari sayuran itu sendiri. Akibatnya, beberapa kandungan nutrisi dari bahan yang direbus menjadi hilang. Sedangkan mengukus adalah proses mematangkan makanan dengan menggunakan uap panas yang berasal dari udara mendidih. Senyawa pada bahan makanan seperti vitamin yang akan terjaga dan tidak mudah rusak ketika dikukus, karena melibatkan uap panas yang tidak menarik senyawa vitamin yang terdapat pada bahan makanan justru membuat senyawa – senyawa beracun seperti sianida atau cemaran pestisida keluar dari sayuran. Menurut ahli diet, Nigel Denby.

Jadi kamu pilih Rebus atau Kukus? ​

Perlu kamu tahu bahwa selain jenis makanan sendiri, cara memasak atau mengolah makanan juga sangat menentukan kandungan nutrisi di dalamnya. Jika cara memasaknya salah, makanan sehat bisa berubah menjadi sumber penyakit. 

Merebus dan mengukus memang sudah dikenal sebagai cara memasak makanan yang paling sehat. Kedua cara memasak ini dapat menjaga kadar kalori ndalam makanan karena tidak memerlukan tambahan minyak atau  mentega  sangat baik untuk menjaga kolesterol tubuh aman. Yang tidak perlu diketahui untuk memasak terbaik menggunakan  perawatan  apa tergantung juga pada jenis makanan yang akan dibuat. Baik rebus dan kukus, sama sehatnya. Jadi untuk melihat  lebih sehat kukus atau rebus. Ada beberapa jenis makanan memang lebih baik jika dengan cara dikukus, contohnya adalah sayuran.

Liat juga  Jajanan tengah malam dikala perut tidak bersahaba

Tips Memasak Sehat dan Aman

Makanan kukus sehat
https://www.thestatesman.com/
  1. Pastikan makanan yang akan kamu olah bergizi dan segar. Selain itu, peralatan-alat-alat masak dan  dapurmu bersih  agar makanan tidak terkontaminasi bakteri.
  2. Jangan lupa untuk semua bahan makanan sebelum memasak.
  3. Bila ingin menggunakan minyak atau mentega, gunakanlah secukupnya. Sebaiknya pilih minyak yang sehat, seperti  kanola  atau  Zaitun .
  4. Batasi jumlah garam yang kamu tambahkan ke dalam masakan. Terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuatmu berisiko terkena hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.
  5. Bila menginginkan cita rasa yang kuat pada masakanmu, kamu bisa menambahkan beragam rempah dan bumbu dapur.
  6. Walaupun rebus dan kukus baik untuk kesehatan, kedua  teknik memasak  ini juga memiliki kekurangan, yaitu membuat makanan terasa hambar. Sesekali, tidak apa-apa  kok  memasak dengan metode lain. Namun, jenis makanannya sehat ya. 
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn