fbpx

Makanan Legenda Betawi, Kerak Telor Terenak di Jakarta

Makanan Legenda Betawi yang satu ini anak Jakarta pasti sudah kenal dengan kerak telor? Makanan asli Betawi yang berasal dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi yang disangrai hingga kering. Lalu ditambahkan bawang goreng, dan bumbu halus, berupa kelapa sangrai, jahe, kencur, cabe merah, merica, gula dan garam. Soal rasanya pastinya sangat cocok buat lidah orang Indonesia apalagi kerak telor enak di Jakarta.

Makanan dengan rasa gurih dan legit ini memang menjadi jajanan tradisional kebanggan orang Jakarta. Oleh karena itu, rekomendasi kami  tempat menemukan kerak telor enak di Jakarta!

Kerk telor terenak
www.reseppraktissederhana.com

Makanan Legenda Betawi pertama adalah Kerak telor Bapak Abdurrachman yang berada di Menteng. Langganannya sering menyebutnya sebagai Babe Abdurrachman. Tepatnya, Bapak Aburrachman ini sering mangkal di Jalan H.O.S Cokroaminoto, letaknya seberang Hotel Ibis dan Gallery Department Store.

Rasanya benar–benar bikin kangen. Ujungnya garing, namun tengahnya empuk. Belum lagi, telor bebeknya yang sangat berasa. Rasa pedasnya juga dapet karena diaduk langsung dengan adonan kerak telornya sebelum dimasak. Cara memasaknya pun juga masih tradisional, yakni tanpa menggunakan minyak dan masih menggunakan arang.

Kerak Telor PBB Setu Babakan

www.beritajakarta.id

Kerak telor enak di Jakarta yang berikutnya berada di Perkampungan Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kurang dari 10 pedagang kerak telor selalu mangkal di dekat danau yang teduh. Salah satu nama pedagang yang enak di situ adalah Pak Bakri. Bahkan, beliau sudah 10 tahun menekuni pekerjaannya.

Dikenal sangat enak, karena Pak Bakri selalu menjaga resep warisan orang tua. Jarang sekali, pedagang kerak telor yang mewarisi keahlian dan menjaga resep orang tua secara turun temurun. Maka tidak heran, kerak telor Pak Bakri selalu ludes terjual.

Cek juga artikel menarik lainnya, Ayam Geprek Bensu vs I Am Geprek Bensu

Kerak Telor PRJ

www.gotravelly.com

Makanan Legenda Betawi selanjutnya adalah kerak telor enak saat PRJ atau Pekan Raya Jakarta, yakni satu tahun sekali. Namun saat ini berburu kerak telor enak di Jakarta, tidak perlu menunggu satu tahun, kamu bisa mendapatkannya di Kota Tua. Banyak pedagang kerak telor berjejeran di kota tua ini. Salah satu yang cukup enak dan terkenal adalah kerak telor Pak Hamzah.

Pak Hamzah sendiri sering mangkal di sekitar Museum Fatahilah. Untuk harganya sendiri juga sama, yakni 15.000 per porsi. Bahan yang digunakan juga sama, hanya pak Hamzah memang mewarisi resep orang tuanya. Rasa kerak telornya empuk dan sedikit garing. Uniknya, bau bakaran arang menjadi cita rasa tersendiri. Pastinya, selalu bikin kangen.

Cek juga artikel menarik lainnya, Masakan Korea ala Itaewon Class

Kerak Telor di Monas

Kerak telor monas enak
ekbis.sindonews.com

Makanan Legenda Betawi terakhir berada di tempat wisata juga menjadi salah satu tempat berburu kuliner. Yup, apalagi kalau tidak kuliner tradisional. Berburu kerak telor enak di Jakarta, bisa dilakukan di dekat Monas. Banyak pedagang kerak telor yang menjajakan jualannya di Monas. Jika dibandingkan semua rasanya sama–sama enak.

Rasanya yang lembut dan renyah dipinggirnya bikin tidak berhenti makan. Belum lagi, topping ebi dan serundeng yang sangat gurih. Untuk bumbunya sendiri benar–benar terasa. Maka tidak heran, banyak wisatawan yang datang ke Jakarta memilih Monas sebagai tempat berburu kerak telor.

Sembari berwisata ke Monas, tidak ada salahnya mencicip jajanan tradisionalnya. Kapan lagi, makan ditemani background Monas yang megah? Pastinya jadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn