fbpx

Pola Hidup Sehat Vegan Untuk Milenial

Kali ini Tim Jajanan Jakarta akan mengulas pola hidup sehat Vegan. Tidak sekedar tren diet yang digandrungi milenial. Vegan adalah sebuah gerakan untuk menghindari eskploitasi hewan. Pemanfatan hewan dalam industri makanan, pakaian dan seluruh bentuk produk lainnya dinilai kejam. Karena makanan hewani merupakan salah satu pemasok protein dan kreatin untuk tubuh kita, dapatkah kita tetap mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi?

Produk Nabati

Banyak penganut Vegan kesulitan untuk menyeimbangkan asupan protein. Pada umumnya tidak banyak orang tau atau berniat untuk mencari pengganti protein hewani yang biasa diperoleh dari daging. Makanan berbasis tanaman/sayuran sebenarnya juga memiliki protein nabati. Beberapa diantaranya adalah produk kedelai seperti tahu dan tempe, serta kacang-kacangan. Manfaat yang ditawarkan ternyata sangat baik untuk kesehatan. Seperti menurunkan potensi penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2.

Menjaga Asupan Kalsium

Selama ini susu sapi adalah asupan kalsium yang paling populer di masyarakat. Namun jangan khawatir, vegan juga bisa meminum susu yang dibuat dari kacang kedelai (susu soya). Sayur sawi dan bayam juga mengandung kalsium yang tinggi, tentunya sangat mudah untuk diakses orang Indonesia. Jangan abaikan kalsium karena sangat dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang.

Atur Pola Hidup Vegan

Karena meninggalkan unsur daging dan susu sepenuhnya, kalian harus mempersiapkan menu diet sehat vegan. Tentunya yang dapat menggantikan unsur gizi dari produk hewani. Kalian bisa memulai dengan belajar nutrisi, mempersiapkan resep dan memulai menonton. Atau mengikuti blog video atau membaca tips-tips pola hidup sehat vegan dari dokter ataupun influencer. Kalian juga dapat mengadopsi pola diet yang diterbitakan oleh “Dietary Guidelines for Americans“.

Daftar Restoran Vegan di Jakarta

Burgreens

Ilustrasi Menu Burgreens

Untuk Jajaners yang ingin belajar pola hidup Vegan tidak perlu khawatir lagi kangen  rasa daging. Burgreens menyajikan menu vegan yang meniru daging, mulai dari rupa sampai rasa. Jajaran menu ‘daging’ yang dibentuk dari sayur-sayuran tersebut antara lain adalah burger, rendang sampai dengan ‘ayam’ geprek loh.

Lokasi:

Dharma Kitchen

Gambar Ayam Kemangi Vegan Dharma Kitchen

Restoran vegan dan vegetarian yang satu ini mengutamakan prinsip “gluten free” pada setiap produknya. Dengan memanfaatkan produk nabati seperti soya dan kaki jamur, Dharma Kitchen dapat menciptakan daging tiruan. Menyulapnya menjadi menu ‘ayam, daging sapi bahkan seafood. 90% dari produk mereka mendukung pola hidup sehat vegan, dengan tidak mengandung produk turunan hewani seperti telur, madu dan susu.

Lokasi: Dharma Kitchen Central Park.

Ivegan Pizza

Gambar Ivegan Pizza

Siapa bilang penganut vegan tidak bisa makan pizza? Restoran ini menciptakan keju sintetis dengan bahan baku alami yang terdiri soya, sehingga tidak mengurangi kenikmatan pizza. Dengan menggunakan 100% bahan baku nabati, menu-menu restoran ini diwarnai dengan jejamuran, kacang-kacangan dan tepung protein dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Ivegan Serpong.

Untuk Jajaners yang tidak ingin ketinggalan tren jajanan kekinian di Jakarta, janan lupa pantau artikel kami lainnya. 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn