fbpx

Sarapan di Jakarta Selatan Yang Wajib Dicoba!​

Halo Jajaners!  Sarapan atau makan pagi antara pukul 06.00 hingga 11.00 adalah asupan energi yang penting untuk membuat tubuh kita berstamina dalam beraktivitas. Makanan untuk sarapan pagi sangat beraneka ragam, bahkan bisa semudah pergi ke tempat makan. Untuk warga Jakarta, mencari tempat sarapan di Jakarta sangatlah lumrah. Selama hari kerja, orang-orang mencari tempat sarapan karena alasan lebih praktis. Atau setiap hari libur, itu bisa mencari sarapan sambil berwisata. Jakarta merupakan ibu kota yang memiliki makanan yang sangat beraneka ragam, mulai dari sayur ketupat hingga soto ayam yang khas disajikan untuk sarapan pagi ada di Jakarta. Nah, kali ini Jajanan Jakarta sudah merangkum 8 menu makan pagi di Jakarta Selatan yang bisa kalian kunjungi! Yuk simak kelanjutannya!

1. Bakso Kumis Blok S

Kebanyakan masyarakat mungkin terheran-heran kenapa bakso menjadi salah satu menu sarapan? Sebetulnya itulah yang menjadi keunikan Bakso Kumis Blok S ini. Bakso yang terletak di Pujasera Blok S ini buka dari pukul 08.00. Kebanyakan pengunjung menyambangi lokasi ini setelah berolahraga di lapangan Blok S.

 

Bakso Kumis Blok S sudah ada sejak tahun 1970. Yang membuat bakso ini terkenal adalah karena bakso nya yang besar dan sangat lembut. Tidak hanya itu, porsi yang diberikan pun tidak pelit sama sekali. Kuahnya yang gurih dan segar menjadi keutamaan bakso ini. Selain menyediakan menu utama, pada kedai ini juga terdapat tahu dan siomay yang dapat disantap menggunakan saus kacang dan bumbu kecap. Menarik sekali bukan, Jajaners?

 

Bakso Kumis Blok S terletak di lokasi Pujasera Blok S, tepatnya di Jl. Birah III No.3, RT.5, RW.6, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan 12180. Kedai ini terletak di ujung kompelk Pujasera Blok S. Biasanya orang yang datang ke kedai ini akan langsung menemukan lokasi bakso di antara pujasera karena ramainya pengunjung. Untuk suasanya bermodalkan ac alami alias angin sepoi-sepoi yang nikmat sambil mendinginkan badan sehabis olahraga. 

Play Video

tes

2. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

Siapa Jajaners yang tidak suka menyantap kehangatan kuah kental dari soto ayam? Ya, apalagi sebagai menu sarapan di saat cuaca sedang tidak bersahabat, bukan? Bermula sejak depot soto ayam ambengan yang dirintis oleh Pak Sadi di Jl. Ambengan, Kota Surabaya pada tahun 1970, jenis makanan ini dikenal dengan rasa bumbu koya nya yang khas sekaligus beda dari soto pada umumnya. Karena citarasanya yang banyak digemari oleh masyarakat, Pak Sadi pun membuka depot nya di Jakarta.

Pada dasarnya, semangkuk soto ayam ambengan dengan harga sekitar Rp20.000,- akan disajikan dengan irisan ayam, bihun, telur, serta bawang seledri sebagai pelengkap kuah yang panas. Meski di kota metropolitan satu ini banyak sekali penjual soto ayam, tapi citarasa Soto Ayam Ambengan Pak Sadi tidak pernah luntur dari memori masyarakat Kota Jakarta.

Selain soto ayam ambengan sebagai menu utama, pada depot ini juga tersedia berbagai macam menu lainnya, seperti soto ayam, soto madura, rujak cingur, dan tahu campur. Tersedia juga makanan khas Tiongkok seperti angsio tahu dan fu yung hai. Bagi Jajaners yang tertarik mencicipi lezatnya koya berbalur kuah soto yang segar, yuk datangi depotnya yang terletak di Jl. Wolter Monginsidi No.28, RW.6, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan 12170.

Play Video

Bubur Ayam Senopati

 3. Bubur Ayam Senopati

Bubur ayam terkenal sebagai hidangan sarapan bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, bubur satu ini juga banyak dikunjungi oleh warga Jakarta, khusus nya yang tinggal di Jakarta Selatan. Buka dari pukul 06.00 pagi, Bubur Ayam senopati cocok disantap sehabis jogging pagi ataupun Car Free Day(CFD) bersama dengan teman. Tentu siapa saja tidak dapat menolak kelezatan semangkok bubur dengan taburan suwiran ayam, cakwe, kerupuk, bawang goreng, dan sedikit kuah kari saat disodorkan.

Saking larisnya, hampir setiap hari bubur ini sudah habis sebelum pukul 10.00, lho! Karena terletak di tengah kawasan perkantoran Jakarta, tentu banyak pekerja kantoran yang menyempatkan diri untuk jajan di sini sebelum memulai hari nya. Tidak jarang juga pengunjung makan di tempat setelah selesai berolahraga jogging ataupun gowes. Pemandangan kota Jakarta yang sibuk dengan hiruk pikuknya  selalu saja menarik perhatian pengunjung yang ke sini. Bagi kalian yang ingin menikmati kelezatan bubur legendaris ini silakan mampi ke Jl. Senopati No.19-43, RT.6/RW.3, Senayan, Kec. Kby Baru, Kota Jakarta Selatan, daerah khusus Ibukota Jakarta 1211

Play Video

Nasi Uduk Kebon Kacang

4. Nasi Uduk Kebon Kacang

Nasi uduk atau nasi yang terbuat dari santan ini merupakan makanan khas betawi. Bukan rahasia lagi bahwa masyarakat Jakarta menggemari jenis makanan satu ini sebagai hidangan sarapan. Nasi uduk yang paling terkenal di Jakarta adalah Nasi Uduk Kebon Kacang. Di Nasi Uduk Kebon Kacang tersedia ayam, udang, tahu, tempe, usus, empal, dan paru. Nasi uduk ini dibungkus oleh daun pisang. Untuk ukurannya, nasi uduk ini termasuk berukuran kecil. Sambal yang tersedia pun ada sambal terasi, sambal kacang, dan sambal petai. Jangan lupa untuk makan nasi uduk ini menambahkan jeruk nipis karena ini menjadi pelengkap rasa untuk nasi uduk. Bila anda suka rasa manis, bisa menambahkan kecap.

Lokasi Nasi Uduk Kebon Kacang sangatlah strategis. Nasi uduk ini berlokasi di Jalan Kebon Kacang Raya No.512, RT.1/RW.5, Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Ibukota Jakarta 10240. Tempatnya lumayan enak untuk menyantap sarapan. Bangunannya yang cukup memadai dan nyaman untuk makan bersama-sama

Play Video

Ketoprak Ciragil

5. Ketoprak Ciragil

Siapa Jajaners yang belum kenal dengan Ketoprak Ciragil? Ketoprak legendaris yang sangat terkenal di Jakarta ini memiliki rasa khas dimana  bumbu kacangnya sangat halus dan telur dadarnya yang gurih. Namun ada kekurangan dari ketoprak ini yaitu bila dibandingkan dengan porsi-porsi ketoprak pada umumnya, Ketoprak Ciragil memiliki porsi yang lebih sedikit dan untuk porsi pria sepertinya kurang. 

Ketoprak Ciragil berlokasi di Jl. Ciragil II No.24, RW.1, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180. Bila datang ke tempatnya, akan kaget sendiri karena lokasinya sangat biasa sekali. Hanya warung berukuran standar namun banyak sekali orang yang berdatangan. Biasanya orang yang datang bisa mengantri cukup lama untuk mendapatkan ketoprak ini. Selain menjual ketoprak, disini juga menjual bakso siomay. Jadi datang kesini bisa makan makanan jenis lain deh selain ketoprak.

Sebetulnya banyak yang kecewa kepada Ketoprak Ciragil karena harganya cukup tinggi untuk seukuran ketoprak, harga dibandrol Rp30,000. Untuk harga via online seperti Go-Food ataupun Grab Food itu lebih mahal. Namun, lebih disarankan untuk memesan melalui Go-Food atau Grab Food karena tempat Ketoprak Ciragil sangat kecil dan kita bisa sampe mengantri lama untuk dapat kesempatan duduk. Atau pilihan lainnya adalah membawa kendaraan roda empat untuk memakannya di mobil dan tidak di lokasi.

Play Video

Pecel Ramidjan

6. Pecel Ramidjan

Menu sarapan lainnya yang  tidak kalah lezatnya adalah Pecel Ramidjan. Pecel asal Madiun ini kerap digemari oleh warga Jakarta yang tengah mencari sarapan karena perpaduan antara sayuran dengan lumuran saus kacang gurihnya. Belum lagi ditambah dengan brongkos daging sapi manis dan nasi putih hangat. Nikmat! Hidangan ini disajikan di perumahan dengan bangku dan meja kayu serta dinding dengan anyaman bambu. Pilihan menu makanan sudah tersaji di balik etalase makanan khas Pecel Ramidjan.

Pecel terbuat dari racikan sayur bayam, sawi, kacang panjang, tauge, kol, dan mentimun. Sayuran disiram dengan bumbu kacang kecoklatan encer. Selain pecel sayuran, ada pilihan seperti empal, gule kambing, brongkos, tahu lombok ijo, sambal goreng telor ceplok, krecek, dan perkedel jagung. Makanan ini enak disantap sambil menikmati suasana homey bersama dengan teman-teman. Mau coba? Yuk sambangi Pecel Ramidjan di lokasi ini. Jl. Prof. Dr. Joko Soetono no. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Warteg Warmo

7. Warteg Warmo

Berdiri sejak tahun 1970, Warteg satu ini menyuguhkan aneka macam makanan yang cocok disantap. Nama Warmo sendiri merupakan singkatan dari Warung Mojok yang merupakan pemberian dari pedangdut Rhoma Irama. Pengunjung gemar makan di warteg satu ini tentunya karena menu yang ditawarkan lebih dari 40 macam seperti olahan ayam, daging sapi, ikan, udang, ikan asin, telur, dan lainnya. Harga nya yang terkenal murah menjadikan warteg ini pilihan favorit bagi warga Jakarta Selatan. 

Banyak pejabat dan artis yang juga ikut menyantap hidangan di warteg ini karena nilai sejarah nya yang sangat memikat. Hadir di antara peru

mahan Tebet Raya dan Tebet Timur, warteg ini selalu menjaga kebersihannya untuk menjaga kenyamanan pengunjuung. Ingin menikmati lezatnya sarapan di warteg ini? Yuk, kunjungi lokasi nya di Jl. Tebet Timur Raya No.10D, RW.10, Tebet Timur., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810.

Play Video

Ketupat Sayur Mandala

8. Ketupat Sayur Mandala

Ketupat sayur ini memiliki kuah yang berwarna kekuningan yang terbuat dari santan dan teksturnya tidak terlalu kental. Kematangan ketupatnya pas karena sangat empuk dan lembut. Terasa sekali ayamnya ini dimasak lama karena bumbu meresap hingga ke tulangnya dan dagingnya pun sangat empuk yang menjadikannya mudah digigit. Sayurnya menggunakan labu siam. Ohiya, bila makan ketupat sayur ini jangan lupa untuk menambahkan sambal karena sambal di Ketupat Sayur Mandala sangat pas dipadukan dengan ketupatnya, dan membuat rasanya menjadi lengkap.

Bila berkunjung kesini pada hari weekdays akan kaget. Karena mayoritas orang yang datang adalah para pekerja kantoran sekitar SCBD, Senopati, Mampang Prapatan, Kapten Tendean, dan sekitarnya. Ketupat Sayur Mandala terletak di Jalan Mampang Prapatan No. 17 RT. 03 / RW. 05 Duren Tiga Pancoran RT.4, RT.3/RW.5, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790. Lokasi pastinya setelah halte bus Duren Tiga dari arah Kuningan.

Suasana di Ketupat Sayur Mandala sangat ramai. Tapi tenang, ketika datang kita langsung diperlihatkan detail-detail komposisi makanannya. Ketika pesan, kita tidak perlu menunggu lama karena disini orang-orangnya sudah sangat lihai untuk membuat ketupat. Tidak sampai 5 menit makanan sudah bisa disantap. Untuk udara sudah pasti terasa panas karena disini tidak disediakan pendingin ruangan.

Play Video

Gimana, Jajaners? Sudah siap hunting jajanan untuk sarapan pagi hari ini atau besok hari!? Jangan lupa komen menu sarapan apa yang jadi favorit Jajaners di sini ya! Siapa tahu kita bisa makan bareng sekalian sharing tempat-tempat jajan yang unik dan enak lain nih. Atau kunjungi tempat jajanan lainnya disini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn