fbpx

Sate Padang Ajo Ramon Si Legendaris Favorit Orang Jakarta

Sate Padang merupakan makanan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi dipotong kotak. Biasanya di Sumatera Barat, sate Padang bisa dibuat dari daging kerbau. Namun, daging kerbau tidak umum digunakan sebagai daging. Maka dari itu selain daerah Sumatera Barat biasanya menggunakan daging sapi. Di Jakarta sendiri ada sate Padang yang sangat terkenal, ia adalah Sate Padang Ajo Ramon.

Sejarah Sate Padang Ajo Ramon

Dikutip dari website Sate Padang Ajo Ramon, sate Padang ini sudah berdiri sejak 1980. Pemiliknya yang bernama Ramon mulai berusaha karena pamannya. Ia ikut dengan pamannya berkeliling untuk jualan. Saat itu, pamannya mengajak Ramon merantau ke Jakarta. Di Jakarta mereka berdua membuka bisnis sate Padang bersama.

Setelah berkeluarga, Ramon pisah dengan pamannya. Akhirnya Ramon membuat bisnis sate Padang seorang diri. Ia pun menggunakan pengalaman dan bumbu turun temurun. Hal ini ia dapatkan dari pamannya. Saat memulai bisnisnya, sangat banyak rintangan. Beberapanya adalah bangkrut kekurangan modal, dijegal prema, tidak laku, dan pindah tempat. Namun hal itu dapat ia tepis hingga saat ini Sate Padang Ajo Ramon sangat terkenal.

Lokasi Sate Padang Ajo Ramon

Lokasi Sate Padang Ajo Ramon
Lokasi Sate Padang Ajo Ramon

Sate Ajo Ramon memiliki banyak cabang. Berikut list cabang dari Sate Ajo Ramon:

  • Jl. Cikajang No.72, RT.1/RW.5, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
  • Pasar Santa, Area Parkir, Jl. Cipaku I No.5, RT.5/RW.4, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
  • Jl. Birah III No.4, RT.5, RT.5/RW.6, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180
  • Pasaraya Blok M, Dapur Raya Pasaraya Grande Lantai LG #W21, Jl. Iskandarsyah Raya, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
  • Jl. Pejaten Raya No.Raya, RT.8/RW.7, Pejaten Bar., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510

Jajaners bisa melihat alamat lengkapnya disini.

Kebanyakan cabang dari Ajo Ramon terletak dibawah tenda. Namun beberapa tempat sudah memiliki toko dan sudah ada yang berlokasi di dalam mall. Meski kesannya sangat sederhana, namun Ajo Ramon memiliki tempat yang bersih dan rapih. Biasanya sudah disediakan keripik dan kerupuk kulit di atas meja.

Review Sate Padang Ajo Ramon

Sate Padang Ajo Ramon
Sate Padang Ajo Ramon

Sate Ajo Ramon memiliki empat jenis sate. Hal ini jarang dimiliki bisnis sate Padang lainnya. Mereka menyediakan sate daging, sate lidah, sate usus, dan sate jantung. Disini Jajaners bisa pilih ingin sate dengan daging apa. Jajaners bahkan bisa campur untuk kombinasi daging nya. Walaupun jenis dagingnya berbeda, namun harganya tetap sama.

Tim Jajanan Jakarta sudah beberapa kali menyantap sate ini. Ajo Ramon memiliki tekstur daging yang cukup unik. Ini sangat berbeda dengan sate pada umumnya. Sate pada umumnya memiliki daging yang berminyak dan dibuat agak gosong. Namun, Ajo Ramon membuat dagingnya terasa juicy. Terasa sekali bahwa dagingnya direndam dahulu di dalam banyak bumbu. Setelah itu baru dibakar.

Bumbu sate padang ini ditaruh di dalam panci besar. Arang di bawah panci selalu dibuat menyala sehingga kita bisa melihat bara api merah menyala. Warna kuah bumbu dari sate ini adalah kuning kecoklatan. Saat dicoba, ternyata rasanya tidak terlalu pedas. Beda dengan bumbu sate Padang pada umumnya. Sate Ajo Ramon tidak memiliki bumbu yang pedas. Tekstur bumbunya cukup kental dan sangat gurih.

Saat weekend Sate Ajo Ramon bisa menjual 9000-10000 tusuk. Dan saat weekday, Ajo Ramon dapat menjual 6000-7000 tusuk. Perkiraan daging yang dibutuhkan perharinya adalah 200 kilogram. 

Sangat menarik ya ulasan kali ini, untuk itu jangan lupa untuk bahas ini pada forum Jajanan Jakarta. 

Sampai jumpa di review selanjutnya, Jajan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn