fbpx

Tempat Jajan Malam bikin Nongkrong Makin Asyik!

Jakarta adalah kota metropolitan yang padat aktivitas setiap hari nya. Seperti yang kita ketahui, ibukota satu ini dihuni oleh bermacam-macam penduduk  mulai dari pekerja kantoran, wirausahawan, pelajar, wisatawan kota lain, maupun turis mancanegara. Selain itu, kota ini juga ditempati oleh penduduk betawi asli yang tersebar di seluruh kawasan Jakarta. Oleh karena jumlah penduduknya yang heterogen dan aktivitasnya yang berbagai macam, tentunya kota ini tidak pernah sepi, bahkan di malam hari. Bahkan Jajaners akan menemui malam hari sebagai pusat aktivitas kuliner untuk hangout dan nongkrong bersama dengan teman-teman! Tim Jajanan Jakarta sudah merangkum Tempat Jajan Malam yang bikin Nongkrong Makin Asyik nih! Yuk kita simak!

Sejarah Jalan Sabang

Sudah lama jalan Sabang, atau jalan yang resminya bernama Jl. H. Agus Salim ini, digembar-gemborkan oleh Pemprov DKI sebagai pusat kuliner malam di Jakarta. Jalan yang membentang di kawasan Sarinah ini mejadi surga bagi para penikmat kuliner malam hari. 

Tentu saja hal ini, karena di sepanjang jalan ini berisi aneka ragam makanan yang buka sejak pukul 18.00 hingga dini hari. Jajanan yang tersedia di sini tidak hanya kaki lima maupun kios makanan saja, tetapi juga restoran ber AC hadir untuk melengkapi varian makanan yang Jajaners cari! Terdapat lebih dari 50 gerai makanan di sepanjang jalan ini. 

Apabila Jajaners hendak berkunjung, disarankan tidak menggunakan mobil kendaraan pribadi karena lahan parkirnya yang terbatas. Kadang tim Jajaners juga harus memutari jalan ini berkali kali, lho baru dapet parkirnya!

source : ngemie.com

Makanan favorit di Jalan Sabang

Makanan yang tersedia di jalanan ini berbagai macam, mulai dari menu makanan betawi, jawa, padang, aceh, madura, hingga palembang. Dengan kocek Rp20.000,- Jajaners sudah bisa menyantap makanan di sini sampe kenyang, lho! Suasana di jalan sabang yang selalu ramai, hiruk pikuk pedagang yang menyelesaikan pesanan, hingga lantunan lagu dari pengamen yang silih berganti total menggambarkan Jakarta banget! 

Untuk jenis makanannya sendiri, tersedia mulai dari nasi goreng, nasi gila, roti bakar, kwetiaw, soto kudus, seafood, pempek, dan lainnya. Tapi, ada 3 menu favorit yang harus Jajaners coba lho! Apa saja ya menu favoritnya? 

source : backpackerjakarta.com

Baca juga artikel terkait berjudul Mencari Kehangatan Janda di Cikini

source : food.detik.com

Sate Jaya Agung

Ini dia! Jajanan kegemaran masyarakat penjajal kawasan Pecenongan yang tidak lain adalah Sate Jaya Agung. Sate yang letaknya tidak jauh dari gapura ini sudah ada sejak tahun 1963. Sang pemilik, Jali Suprapto, menyuguhkan beragam citarasa Jawa Timur dalam kedai ini.

Menu yang paling diminati adalah sate kambing yang dagingnya berukuran besar-besar dan terdapat kulit di tengah nya. Untuk satu porsi nya terdapat 10 tusuk sate.  Harga satu porsi sate kambing dengan lemak adalah Rp 57.000,- Eittss, buat yang lagi diet tenang dulu…. Jajaners juga bisa request tanpa menggunakan lemak di sate. Bagi Jajaners yang tak suka kambing, tersedia juga sate ayam dengan harga Rp 35.000,- Di kedai ini juga tersaji hidangan lainnya seperti gule dan soto lamongan seharga Rp 27.000,-

source : food.detik.com

Bakmie Roxy

Menu selanjutnya yang banyak diminati oleh masyarakat adalah Bakmie Roxy. Gerai bakmie ini sudah ada sejak tahun 1990. Meski awalnya berjualan di Cikini, bakmie Roxy cabang Sabang juga penuh dengan antrian pengunjung. Bentuk bakmie yang disajikan di sini cukup kenyal dan tipis-tipis. Menu yang tersedia di sini adalah mie ayam,  mie ayam bakso, mie ayam pangsit, mie yamin, kwetiaw ayam, dan bihun.  ayam.

Meskipun banyak pengunjung berdatangan ke kedai ini, akan tetapi pelayanan nya terbilang sangat cepat. Kurang lebih 5-10 menitsetelah pemesanan, hidangan akan langsung diantarkan ke meja kalian, lho Jajaners! Untuk menu terfavorit jatuh kepada mie ayam seharga Rp16.000,- dan mie ayam bakso pangsit seharga Rp22.000,-. Menyantap bakmie ini tentunya tidak lengkap jika tidak diabarengi dengan segelas es teh manis seharga Rp4.000,-. Karena harga nya yang relatif murah, pengunjung dari bakmie ini selalu menyempatkan balik lagi setelah kunjungan yang pertama.

source : burpple-3.imgix.net/foods

Sop Kambing Tiga Saudara

Menu favorit terakhir ala tim Jajanan Jakarta di kawasan Pecenongan adalah Sop Kaki Kambing Tiga Saudara. Siapa yang belum kenal dengan jajanan satu ini? Kalo mimin suka banget menyantap hidangan ini, terutama saat hujan di malam hari. Nah, buat Jajaners yang tidak ingin menyantap makanan bersantan tidak perlu ragu lagi karena kuah yang digunakan bukanlah santan, melainkan  susu full cream yang ditambah dengan minyak samin. Selain rasa gurih yang berasal dari rebusan daging kambing, pada hidangan ini juga ditambah minyak samin yang melengkapi perpaduan rasa nya.

Untuk aneka menu yang disajikan di sini ada sop kaki kambing dengan potongan kaki, babat, otak, dan tulang muda kambing yang bertekstur empuk. Harga per porsi nya dibanderol Rp20.000,- untuk sop kambing dan Rp4.000,- untuk nasi putih. Jajaners bebas menaburkan bawang goreng sesuai selera

Jajan Malam di Kawasan Pecenongan

Sejarah Pecenongan

Tempat jajan malam selanjutnya adalah wisata kuliner di jalan pecenongan yang terletak di Jakarta Pusat. Kawasan jalan ini sudah ada sejak tahun 1970. Kawasan ini adalah jalan yang membentang sekitar 500 meter sebagai akses jalan pintas dari Sawah Besar menuju daerah Juanda, Istiqlal dan sekitarnya. Kawasan ini dekat dengan pusat perbelanjaan ternama Pasar Baru. Persis di depan jalan ini terdapat gapura yang menandakan Jajaners sudah tiba di lokasi pecenongan. Kuliner yang buka pukul 17.00 hingga tengah malam ini tidak hanya dijelajahi oleh masyarakat Jakarta saja, tetapi juga banyak wisatawan mancanegara yang mencari suasana dan citarasa baru di sini. 

Jika berkunjung ke sini, Jajaners disarankan untuk menggunakan transjakarta ataupun layanan ride-hailing seperti grab dan gojek, karena fasilitas tempat parkirnya yang kurang memadai. Meski begitu, terdapat juga Tempat Parkir Elektronik(TPE) di ruas Jalan Pecenongan dan Jalan Juanda III yang pembayarannya menggunakan kartu elektronik

 

roti pecenongan

Source : anakkota.com

Makanan terfavorit di Pecenongan

Sebagian besar menu yang tersedia pada kawasan ini adalah seafood maupun chinese food. Akan tetapi Jajaners juga bisa mencicipi aneka makanan lainnya seperti nasi goreng, mie goreng, nasi campur, nasi uduk, bebek, sop kambing, bubur, sate, soto, mie ayam, pempek, dan masakan padang. Dengan harga Rp20.000,- saja, Jajaners bisa mencicipi aneka ragam makanan yang tersedia di sini.

Meskipun begitu, ada dua jajanan yang menjadi legenda dan patut dicoba jika berkunjung ke kawasan ini. Apa sajakah jajanan tersebut?

source : sabigaju.com

source : Martabak Pecenongan 65A

Martabak Pecenongan

Makanan yang wajib dicicipi jika bertandang ke kawasan ini adalah Martabak Pecenongan 65. Martabak ini sudah layaknya ikon dari kawasan ini. Sejarah martabak ini pun tidak main-main. Bermula dari seorang pemuda bernama Agustinus yang berkelana dari kota Bandung ke Jakarta pada tahun 70-an untuk mengadu nasib di ibukota. Pada awalnya Beliau hanya menjadi sales obat. tetapi dengan bermodalkan ilmu martabak yang ia miliki, beliau menjadi pelopor dari penjual martabak di Jakarta.  

Untuk menu nya sendiri yang paling murah adalah martabak tipis kering, yang biasa disebut tipker rasa cokelat/kacang/cokelat kacang dengan harga Rp50.000. Sedangkan yang paling mahal adalah martabak dengan olesan mentega wysmann yang terkenal lembut dan gurih seharga Rp250.000 untuk rasa campur almond, keju, dan cokelat.

source : pergikuliner.com

Bubur Kwang Tung

Jika Jajaners ingin coba makanan yang lebih fancy, kalian bisa melipir ke ujung jalan pecenongan di mana sebuah restoran megah terlihat, yaitu Bubur Kwang Tung. Sekilas terlihat seperti resto bubur pada umumnya. Tepi jangan salah, bubur yang disajikan bermacam-macam mulai dari bubur ayam, bubur sapi cincang, bubur sayur, bubur ayam hainan, dan bubur ayam jamur. Bubur yang paling favorit adalah bubur seafood.

Secara keseluruhan, Bubur Kwang Tung menyajikan ragam bubur mulai Rp30.000,- hingga Rp225.000,- Sedangkan untuk makanan pendamping seperti Cakue dibanderol dengan harga Rp20.000,- dan telur asin seharga Rp12.000- Tapi jangan khawatir, semua menu bubur di sini merupakan porsi besar yang bisa untuk sharing dengan 3-4 teman lainnya nih, Jajaners! 

Baca juga artikel terkait berjudul Bubur Kepiting Hidangan Unik di Bubur Kwang Tung

Jajan Malam Angkringan Blok M

Sejarah Blok M

Pusat jajanan malam yang selalu ramai oleh pengunjung adalah Angkringan Blok M ini. yang lokasi nya persis di depan Pintu Mutiara. Pada siang hari, pelataran ini menjadi tempat keluar masuk mobil untuk membawa atau menurunkan penumpang di Blok M Square. Pada pukul 5 sore, kesibukan mulai terlihat untuk membawa dan membuka lapak dagangan. Angkringan ini mulai buka pada pukul 17.30 hingga 02.00 setiap harinya dan terdapat lebih dari 30 jenis kedai yang ada di tempat ini. 

Tidak masalah jika Jajaners membawa kendaraan pribadi, karena area parkir yang tergabung dengan Blok M Square sangatlah luas. Namun apabila menggunakan transportasi umum, angkringan ini dapat disambangi dengan Transjakarta ataupun kereta MRT.

lesehan blok m

source : seputarkota.com

Makanan Favorit di Angkringan Blok M

Menu yang disajikan di angkringan ini sangat beragam. Mayoritas makanan yang dijual pada angkringan ini adalah nasi rames beserta lauk pauknya, seperti sate telur puyuh, gudeg, krecek, kuah opor tahu, suwir ayam, serundeng, kikil tumis, sambal merah dan sambal hijau, telur balado, dan masih banyak lainnya. Tapi, jika Jajaners ingin memakan makanan lain, di sini juga tersedia ayam geprek, soto betawi, gudeg, soda gembira maupun kopi. Nah, tim Jajanan Jakarta sudah punya rekomendasi makanan yang harus di coba ketika makan di sini, lho! Yuk kita cekidot langsung!

source : kumparan.com

source : kissfmmedan.com

Ayam Geprek Makbyar

Wisata kuliner malam rasanya tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan menu pemanas lidah. Ya! Salah satu jajanan favorit tim Jajanan Jakarta di Angkringan Blok M adalah Ayam Geprek Makbyar. Kedai nya sederhana dengan tempat makan lesehan. Akan tetapi, daya tarik nya terletak pada ulegan sambal bawang yang langsung di tempat (dadakan). Sehingga pengunjung bisa mengatur sendiri level pedasnya. Untuk satu ayam geprek dibanderol seharga Rp20.000,-. Buat Jajaners yang tidak ingin menyantap ayam, di sini juga tersedia ikan nila dan lele.

source : qraved.com

Warung Bu Gendut

Dari seluruh kedai makanan yang ada di angkringan Blok M ini, terlihat kedai Warung Bu Gendut ini yang paling rame pengunjung. Betapa tidak, lauk pauk nya tertumpuk rapat-rapat yang langsung bisa diambil. Lauk pauk yang paling banyak di coba adalah udang, pete, ayam bakar, tempe mendoan, kikil, lele, bunga pepaya, tahu goreng, gulai daging, sate usus, sate kulit, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk harganya tidak perlu ditanyakan lagi, karena semua yang tersaji di sini relatif murah meriah dengan rasa yang enak dan mengenyangkan.

Nah, itu dia beberapa tempat makan yang bikin nongkrong makin asyik versi Jajanan Jakarta! Mana yang belom pernah Jajaners cobain nih? Atau udah pernah mencoba semuanya? Kalo mimin sih paling suka makanan pedes seperti kedai ayam geprek yang ada di angkringan Blok M nih! Nagih banget sambelnya menurut mimin. Kalo Jajaners sekalian gimana? Boleh dong ikutin social media kita juga atau utarakan pendapatnya di comment box di bawah ini, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn